Keutamaan Menuntut Ilmu

Latihan Khitoba Malam Sabtu

Khotbah Malam Sabtu

Judul Tausyiah
Keutamaan Menuntut Ilmu

Tausiyah:
Ananda Azmil, Santri Kelas XII Hidayatullah Pangkep

Khitobah melatih Santri untuk tampil percaya diri didepan khalayak, berani beretorika dan belajar Publik Speaking.

Pertama, thalabul ilmu merupakan kewajiban dalam agama Islam, sebagaimana sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam; “menuntut ilmu wajib atas setiap orang Islam”. Karena ketika Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam mendapatkan wahyu adalah ayat tentang ilmu yakni Iqra (bacalah). Membaca adalah bagian menuntut ilmu (baca, tulis, hafal, faham). Waktu SD diajarkan cara membaca dengan metode CBSA (Cara belajar siswa aktif) salah satunya menggunakan buku “Belajar Membaca dan Menulis” yang isinya ada kalimat Ini Budi, ini ibu Budi.

Kedua, mengangkat derajat. Janji Allah subhanahu wata’ala bahwa orang-orang yang menuntut ilmu derajatnya akan diangkat oleh Allah subhanahu wata’ala yang artinya:

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اِذَا قِيْلَ لَكُمْ تَفَسَّحُوْا فِى الْمَجٰلِسِ فَافْسَحُوْا يَفْسَحِ اللّٰهُ لَكُمْۚ وَاِذَا قِيْلَ انْشُزُوْا فَانْشُزُوْا يَرْفَعِ اللّٰهُ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا مِنْكُمْۙ وَالَّذِيْنَ اُوْتُوا الْعِلْمَ دَرَجٰتٍۗ وَاللّٰهُ بِمَا تَعْمَلُوْنَ خَبِيْرٌ

“Wahai orang-orang yang beriman, apabila dikatakan kepadamu “Berilah kelapangan di dalam majelis-majelis,” lapangkanlah, niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Apabila dikatakan, “Berdirilah,” (kamu) berdirilah. Allah niscaya akan mengangkat orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu beberapa derajat. Allah Mahateliti terhadap apa yang kamu kerjakan.” (QS. Al-Mujadalah: 11).

Kalau ada yang mengatakan, “Untuk apa sekolah tinggi-tinggi kagak bekal mengubah nasib loh.” Jawablah dengan kata yang sopan “iya pendidikan tidak akan mengubah diri saya, tetapi akan mengubah pemikiran saya, kalau pemikiran saya berubah maka semua yang ada pada diri saya akan berubah.” Termasuk titel yang diberikan setelah menyelesaikan pendidikan, jadikanlah sebagai motivasi bahwa pendidikan yang saya raih adalah jerih payah menuju kesuksesan. Sukses itu adalah bagian beberapa derajat yang ada dalam surah Al-Mujadalah ayat 11.

Ilmu Adalah Bekal

Ketiga, penuntut ilmu harus memiliki bekal/modal sebagaimana perkataan Imam Asy-Syafi’i “lantanalul ilma illa bi sittatin; dzaka’in (cerdas), wa hirshin (semangat), wa ijtihadin (sungguh-sungguh), wa bulghotin (biaya), wa irsyadi ustadzin (petunjuk guru), wa thulu zamanin (panjangnya waktu).” Perkataan sang imam tentang bekal/modal menuntut ilmu harus dimiliki betul oleh para penuntut ilmu, karena ilmu itu bagaikan cahaya. Seumpama cahaya lampu yang menyinari ruangan bahkan sampai sebesar cahaya matahari yang menyinari seluruh alam.

Maka seseorang yang memiliki ilmu harus mampu menyinari orang-orang disekitarnya, jadilah cahaya yang jernih yakni setiap perkataan dan ucapannya benar-benar dari hati nurani yang paling dalam, cahaya yang suci bersih dari kata-kata kotor atau yang tidak enak di dengar, cahaya yang tidak menyilaukan perkataannya tidak menyakitkan dan menyebalkan, cahaya yang menyejukkan membuat di sekitar menjadi merasa aman dan damai.

Semoga ilmu yang Allah subhanahu wata’ala berikan menjadikan kita sebagai hamba yang bersyukur. Aamiin.

Bagikan :

Artikel Lainnya

Bai'ah Dalam Sejarah Islam, Hala...
kegiata Halaqah Kader Oleh : Ustadz.Drs.Kaisar (Murobbi Halaqa...
Undangan Peresmian Rumah Quran A...
Undangan Peresmian Rumah Quran Al-Qalam UNDANGAN: Kpd Yang Kam...
Adinda Birrul menyelesaikan Hafa...
Selamat kepada Laode Muhammad Birrul Walidain Bin Bapak Badrun...
Do'a Bersama Untuk Kesembuhan Ba...
اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذْهِبِ الْبَأْسَ اشْفِ أَنْتَ الشَ...
Ucapan Terimakasih Kepada Para D...
Puji dan syukur kita haturkan Kehadirat Allah Subhana Wa Ta’al...
Kegiatan Halaqa Wustha, Adab Ang...
Kegiatan Halaqah Kader Oleh : Ustadz.Drs.Kaisar (Murobbi Halaq...

Download Hidayatullah Pangkep App

Selamat datang di Aplikasi lembaga pendidikan kami. Sebuah tempat di mana nilai-nilai agama dan pengetahuan bergabung dalam harmoni, memberikan landasan kokoh bagi generasi muda untuk tumbuh dan berkembang menjadi individu yang berakhlakul karimah, berprestasi, dan unggul.